Diabetes

05/04/2023, 13:11 WIB
Bagikan :

Diabetes dalam angka1

  • 1 dari 10 orang hidup dengan diabetes di seluruh dunia
  • Diabetes menyebabkan 1 kematian tiap 5 detik
  • Terdapat 19,47 juta penyandang diabetes di Indonesia 
  • Pemeriksaan rutin, manajemen gaya hidup yang efektif, serta pengobatan jika diperlukan, dapat membantu penderita diabetes tipe 2 menjalani hidup dengan optimal dan sehat2 

Kata diabetes mungkin tidak terlalu asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, tak dapat dipungkiri masih banyak yang belum mengenal masalah kesehatan ini dengan baik.

Padahal diabetes termasuk penyakit mematikan yang bisa menyerang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penting bagi Anda untuk mengedukasi diri tentang diabetes, agar bisa terhindar dari penyakit berbahaya yang satu ini.

Mengenal diabetes dan penyebabnya3 

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas normal. Glukosa adalah salah satu jenis karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi sel-sel untuk membentuk otot dan jaringan.

Saat seseorang sakit diabetes, pankreasnya tidak mampu membuat insulin atau tubuhnya sama sekali tidak dapat merespons efek insulin. Akibatnya, penyakit yang juga dikenal dengan nama Diabetes melitus ini menghasilkan penumpukan gula dalam aliran darah tubuh.

Apabila tidak segera ditangani, kondisi tersebut dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Seperti gangguan jantung, sakit ginjal, kebutaan, dan beragam komplikasi lainnya.

Jenis diabetes4,5 

Secara umum penyakit diabetes terbagi menjadi beberapa tipe, yakni:

Diabetes tipe 1terjadi akibat pankreas hanya mampu memproduksi sedikit insulin atau bahkan gagal menghasilkannya sama sekali. Diabetes tipe 1 termasuk ke dalam penyakit autoimun, karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas, tempat diproduksinya insulin.

Diabetes tipe 2umumnya disebabkan gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin, sehingga gula menumpuk di dalam darah.

Prediabetesmerupakan kondisi di mana kadar gula darah sudah melewati batas normal, namun tidak cukup tinggi untuk masuk dalam kategori diabetes tipe 2.

Gestasionalterjadi akibat perubahan hormon yang membuat produksi gula darah meningkat selama kehamilan. Diabetes tipe ini dapat sembuh setelah bayi lahir.

Gejala-gejala diabetes6,7 

Gejala diabetes dapat muncul secara bertahap dan sangat tergantung pada tinggi kadar gula darah di dalam tubuh.

Dalam beberapa kasus, terutama prediabetes, diabetes gestasional, atau diabetes tipe 2, pengidapnya bisa jadi tidak menunjukkan keluhan apa pun. Sedangkan pada diabetes tipe 1, gejalanya cenderung muncul dan memburuk dalam waktu relatif cepat. Beberapa keluhan sakit diabetes yang umum muncul di antaranya adalah:

  1. Lebih mudah merasa haus.
  2. Sering buang air kecil, rata-rata orang buang air kecil antara empat dan tujuh kali dalam 24 jam, tetapi penderita diabetes mungkin buang air kecil lebih dari itu.
  3. Mengalami penurunan berat badan yang signifikan tanpa melakukan upaya apa pun.
  4. Terdapat keton dalam urin. Keton adalah produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak yang terjadi ketika tidak tersedia cukup insulin.
  5. Mudah merasa lelah dan lemah.
  6. Lebih mudah tersinggung.
  7. Cenderung mengalami perubahan suasana hati secara drastis.
  8. Penglihatan menjadi kabur karena penurunan cairan tubuh membuat lensa mata membengkak.
  9. Luka sulit sembuh.
  10. Terdapat banyak infeksi, seperti pada gusi, kulit dan vagina.
  11. Kulit menjadi lebih kasar akibat kekurangan cairan.

Prevalensi kasus diabetes di Indonesia

International Diabetes Federation (IDF), memperkirakan ada sekitar 537 juta orang dalam rentang usia 20-79 tahun menderita diabetes di seluruh dunia. Jumlah ini diperkirakan akan melonjak menjadi 643 juta pada tahun 20308

Di Indonesia, kasus diabetes juga terbilang sangat tinggi, yakni 19,45 juta penyandang diabetes pada 2021. Tingginya angka ini, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penyandang diabetes terbesar kelima di dunia9

Dengan jumlah penduduk sebesar 179,72 juta, ini berarti prevalensi diabetes di Indonesia sebesar 10,6%. Angka ini tercatat meroket 167% dibandingkan dengan jumlah penderita diabetes pada 2011 yang mencapai 7,29 juta. Angka tersebut diproyeksikan akan kembali naik menjadi 21,3 juta orang pada tahun 203010

Pengobatan diabetes11,12  

Diabetes dapat ditangani dengan beberapa jenis obat baik yang diberikan secara oral maupun disuntik.

Umumnya, pengobatan untuk diabetes tipe 1 akan menyertakan suntikan insulin atau penggunaan pompa insulin, pemeriksaan gula darah rutin, dan penghitungan karbohidrat. Dalam beberapa kasus, penderita diabetes tipe 1 juga bisa jadi memerlukan tindakan transplantasi pankreas agar bisa sembuh.

Sementara itu, pengobatan diabetes tipe 2 sebagian besar melibatkan perubahan gaya hidup, pemantauan gula darah yang disertai pemberian obat anti diabetes (OAD) oral, insulin ataupun keduanya.

Obat-obatan tersebut memiliki beberapa fungsi berbeda. Mulai dari membantu pankreas menghasilkan lebih banyak insulin, mencegah produksi dan pelepasan glukosa dari hati, membuat jaringan tubuh lebih sensitif terhadap insulin, dan sebagainya.


 

ID-GEN-2023-03-NHO0 (03/23)


 

Bagikan :

Referensi
  1. 1
  2. 2
    Infodatin 2020 Diabetes Melitus , terakhir diakses pada 6 Maret 2023
  3. 3
    Diabetes , terakhir diakses pada 6 Maret 2023
  4. 4
    Everything You Need to Know About Diabetes , terakhir diakses pada 6 Maret 2023
  5. 5
    Early Signs and Symptoms of Diabetes , terakhir diakses pada 6 Maret 2023
  6. 6
    Diabetes , terakhir diakses pada 6 Maret 2023
  7. 7
    Diabetes facts & figures , terakhir diakses pada 6 Maret 2023
  8. 8
  9. 9
    Diagnosis , terakhir diakses pada 6 Maret 2023
  10. 10
    Diabetes , terakhir diakses pada 6 Maret 2023