top of page

Persiapan Mudik Agar Tetap Fit

Temukan tips persiapan mudik untuk menjaga perjalanan lancar dan kondisi prima menjelang Idul Fitri. Mulai dari perencanaan rute hingga pemantauan kondisi fisik, simak panduan lengkapnya di sini.

Persiapan Mudik Agar Tetap Fit

Bulan puasa sebentar lagi usai dan berganti dengan Idulfitri. Momen ini biasanya dipenuhi berbagai agenda seperti menyantap berbagai hidangan khas Lebaran, ziarah, bersilaturahmi, hingga mudik. Bicara soal mudik, baik itu perjalanan darat, laut, hingga udara; kegiatan ini membutuhkan persiapan. Tujuannya agar perjalanan lancar dan kondisi tetap prima. 


Bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini:

 

  1. Persiapkan dengan Matang

    Bukan hanya kendaraan yang harus dicek ke bengkel sebelum mudik, lho! Badan kita juga perlu dicek oleh dokter untuk memastikan kondisi kesehatan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan atau komplikasi penyakit. Beberapa tes yang disarankan di antaranya adalah pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.


    Namun jika Anda memiliki penyakit penyerta atau penyakit kronis atau sedang hamil, pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter, mendapatkan surat keterangan dari dokter, serta membawa obat-obatan pribadi dan berkonsultasi dengan dokter. 1

     

  2. Lengkapi Vaksinasi  

    Mobilitas manusia sangat tinggi di musim mudik sehingga risiko terpapar penyakit yang menular melalui udara atau droplet kian membesar. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah melakukan vaksinasi flu. Selain itu, saat berwisata, pemudik pun kerap menyantap makanan yang tidak higienis. Nah, untuk memastikan Anda tidak terpapar demam tifoid dari air minum atau makanan yang terkontaminasi, lakukan vaksinasi tifoid.2  

     

  3. Santap Makanan Gizi Seimbang

    Selama puasa, jadwal makan menjadi lebih teratur. Sayangnya, rutinitas tersebut bisa berubah saat mudik. Misalnya makan makanan yang pedas, asam, dan berlemak, atau meminum banyak kopi agar tidak mengantuk. Kebiasaan ini bisa memicu mag atau diare. Oleh karena itu, usahakan makan tetap teratur, dengan porsi yang lebih kecil namun sering, dan imbangi dengan camilan sehat.    

     

  4. Awas! Jangan Sampai Dehidrasi

    Mudik identik dengan kemacetan. Kondisi ini semakin buruk jika dikombinasikan dengan jarak perjalanan yang jauh dan cuaca panas. Nah, untuk menghindari dehidrasi, pastikan Anda telah menyiapkan air putih dalam jumlah yang mencukupi serta buah-buahan yang tinggi kadar airnya seperti jeruk, semangka, air kelapa, dan nanas.  

     

  5. Istirahat yang Cukup

    Tahukah Anda? Kurang tidur bisa menyebabkan mengantuk di siang hari, lelah, sakit kepala, susah konsentrasi, hingga memperlambat waktu reaksi Anda3. Inilah mengapa penting sekali untuk beristirahat cukup ketika akan melakukan perjalanan jauh. Jika Anda lelah atau mengantuk, segera menepi di rest area terdekat dan lakukan power nap sekaligus peregangan otot.4

 

ID-GEN-2024-04-WCEO (04/24)

 

bottom of page